Akun Medsos Harusnya Bisa Terdaftar

Ilustrasi

Oleh : Judith M Samantha

Temuan mencengangkan diungkapkan Facebook. Media sosial terbesar di dunia tersebut menyebut Indonesia merupakan salah satu negara sarang akun palsu atau duplikat. Negara lain yang mendapat catatan merah dari perusahaan yang berbasis di Amerika Serikat ini adalah India dan Filipina.

Berdasar data Facebook, akhir Desember 2017 akun palsu atau duplikat sebanyak 200 juta akun. Pada kuartal IV/2017 Facebook memperkirakan akun palsu atau duplikat mencapai sekitar 10% pengguna aktif bulanan (MAU) di penjuru dunia. Hingga 31 Desember 2017 situs media sosial itu memiliki 2,13 miliar MAU.

Besarnya akun palsu atau duplikat hampir dipastikan searah dengan ancaman kejahatan dunia maya, termasuk hoax. Direktorat Cyber Mabes Polri Brigjen Pol Fadil Imran Brigjen Pol Fadil Imran membenarkan penyebaran hoax tidak lepas dari banyak pengguna media sosial yang menggunakan akun palsu atau anonim.

Mereka secara tidak bertanggung jawab menggunakan media sosial untuk melakukan provokasi dan fitnah untuk kepentingan ter tentu. Awalnya jumlah akun anonim di media sosial masih sangat sedikit.

Namun, setelah polisi mulai melakukan penangkapan terhadap pemilik akun yang menyebarkan hoax di media sosial, mereka yang beralih ke akun anonim semakin banyak, demikian disampaikannya kepada awak media beberapa hari lalu.

Dari kenyataan tersebut, terlihat bahwa dunia media sosial sudah sangat terpolitisasi sedemikian rupa. Dengan kata lain, media sosial dianggap sebagai salah satu instrumen untuk menjatuhkan lawan politik dengan cara menyebar informasi bohong, fitnah, black campaign, atau hoaks.

Indikator sederhananya adalah akun palsu tadi. Logikanya, informasi valid tidak memerlukan akun palsu. Hanya informasi palsu lah yang membutuhkan akun palsu. Oleh karenanya, bagi masyarakat pengguna media sosial, identitas dan validitas akun facebook perlu dijadikan salah satu faktor penting untuk menguji palsu atau tidaknya sebuah informasi yang mereka sebarkan.

Sumber : Status Facebook Judith M Samantha dengan judul asli Urgensi Validitas Akun Media Sosial

Thursday, February 15, 2018 - 15:45
Kategori Rubrik: