by

Aksi Bela Palestina Menjawab Tuntas Penolakan Ganjar Atas Israel

Oleh : Dahono Prasetyo

Ingat Palestina ingat pula Israel. Jika terkait sepak bola pasti ingat Ganjar yang tegas berani menolak Timnas Israel pada Piala Dunia U-20. Gegara Ganjar pula Indonesia batal menjadi tuan rumah gelaran sepak bola kelas dunia.

Bulan Maret menjadi bulan berkabung persepakbolaan Indonesia. Ganjar dituduh menjadi penyebabnya. Jutaan pemain sepakbola mengutuk Ganjar bonus menjadi bulan-bulanan di media

Ganjar dikecam tidak nasionalis, mematikan potensi generasi muda dan tunduk pada perintah partai daripada kepentingan bangsa. Ganjar tetap kukuh pada pendiriannya, tolak Israel itu amanah konstitusi UUD Negara Republik Indonesia 1945.

Butuh waktu 8 bulan untuk membuktikan alasan penolakan Israel oleh Ganjar menemukan jawabannya sendiri. Minggu 5/11/2023 Monas Jakarta dibanjiri ratusan ribu peserta aksi bela Palestina dan kecam Israel.

Sebagian massa yang hadir adalah mereka yang sebelumnya mengecam aksi penolakan timnas Israel oleh Ganjar. Mereka teriak bela Palestina dan mengecam Israel. Sebagian menyerukan boikot produk dan merk berafiliasi negara Israel. Dari Starbucks sampai KFC, shampo Clear hingga Royco, Coca-Cola hingga Nescafe.

Mereka lupa kalau Ganjar sudah melakukannya lebih dahulu, tapi bukan dengan menolak produknya. Karena penjajahan Israel atas negara Palestina adalah urusan kemanusiaan.

Konflik di Palestina suatu saat justru menyatukan perbedaan pilihan Capres. Capres yang punya nyali menentang penjajahan hanya Ganjar. Selebihnya hanya numpang popular, grudak-gruduk ikut dimana ada kerumunan besar untuk menebar simpati menambah suara.

Cek fakta kedua calon lain, sebelumnya tidak pernah menunjukkan pernyataan atau tindakan konkret yang menunjukkan komitmen yang sama terhadap dukungan terhadap kemerdekaan Palestina. Kecuali hanya meneriakkan yel-yel : “Free Palestine..” di panggung Monas dari salah satu Capres.

Ganjar terlihat lebih visioner melihat konflik Israel-Palestina dengan menarik benang merah sejarah. Bukan sekedar memanfaatkan momentum untuk urusan elektoral.

Dari ketiga Capres, aksi bela Palestina hari Minggu hanya dihadiri oleh Anies yang mesti berbagi panggung dengan orasi tokoh lain. Sedangkan Prabowo masih sibuk menyusun tim kampanye yang tidak selesai-selesai.

Lalu Ganjar kemana?
Dia sedang mendatangi Milenial di Palembang. Berbicara berdiskusi tentang visi misi dan gagasan kreatif untuk Indonesia 2045**

Sumber : Status Facebook Dahono Prasetyo

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed