Aksi Anak Raja, Anak Presiden dan Anak Tukang Mebel

Oleh : Axtea 88

Sejak NKRI merdeka hingga saat ini, kita telah memiliki 7 orang Presiden, dimana Presiden kelima Megawati Soekarno Putri, adalah putri Presiden pertama Ir Soekarno. Keberhasilan Megawati menjadi Presiden seperti sang ayahpun telah menginspirasi beberapa putra presiden lainnya untuk menggapai hal yang sama. Diantara mereka keturunan para presiden yang paling menonjol dimata publik, dan berpotensi untuk mengikuti jejak sang ayah adalah tiga orang putra presiden sbb :

  1. Hutomo Mandala Putra

Hutomo Mandala Putra biasa dipanggil Tommy lahir 15 Juli 1962, adalah putra bungsu Presiden kedua RI Soeharto, sebagai penguasa tirani selama 32 tahun.

Tommy menikah dengan Ardhia Pramesti Regita Cahyani di tahun 1997 dan dikaruniai dua anak masing2 Dharma Mangkuluhur dan Gayanti Hutami.

Kemudian Tommy bercerai ditahun 2006. Dari 2002 hingga 2006, Tommy dipencara, karena dipidana atas kasus pembunuhan Hakim Agung Syafiuddin Kartasasmita, kepemilikan senjata api, dan sengaja melarikan diri, namun tertangkap oleh Kompol Tito, yang sekarang telah resmi dilantik menjadi Kapolri dengan oangkat Jenderal Polisi.

 Tommy juga pernah terlibat dalam kasus pembelian pesawat Roll Royce Trent 700 untuk pesawat Airbus A330 dan diduga mendapat uang 20 juta US Dollar serta 1 unit mobil Rolls Royce berwarna biru. Dimasa Orba Tommy telah membangun bisnis dengan memanfaatkan kekuasaan sang ayah, seperti monopoli cengkeh dan Mobil Nasional Timor.

 Selain itu Tommy membangun Grup bisnis Humpuss yang bergerak diberagam jenis usaha yang masih eksis hingga kini. Tommy dikenal sebagai tokoh yang biasa hidup glamour, punya hobbi rally dan senantiasa dekelilingi para wanita cantik selebrities.

  1. Edhie Baskoro Yudhoyono

Edhie Baskoro Yudhoyono, biasa dipanggil Ibas, lahir 24 Nopember 1980, adalah putra bungsu Presiden ke enam RI Soesilo Bambang Yudhoyono sebagai Presiden Pertama yang dipilih langsung oleh rakyat di era reformasi dan menjabat selama 2 periode dari 2004 hingga 2014.

Ibas jebolan Curtin University of Perth, Australia, dan Rajaratnam School of International Studies, Nanyang Techonological University Singapore. Ibas, mengawali karir politik di 2009, dengan menjadi anggota DPR RI, dari Daerah Pemilihan VII, Jawa Timur, ditunjuk menjadi Anggota Badan Anggaran dan Komisi I DPR RI. Di Kongres Demokrat 2010, Ibas dipercaya untuk mendampingi Ketua Umum Anas Urbaningrum sebagai Sekjen Demokrat, dan tercatat secagai Sekjen Termuda di sejarah politik di Indonesia.

Ibas pernah disebut terlibat dalam kasus gratifikasi kasus Hambalang yang diungkap di pengadilan oleh para terpidana elit Demokrat yakni M Nazaruddin dan Anas Urbaningrum, namun hingga saat ini belum tersentuh hukum apapun. Konon Ibas menerima 200.000 US Dollar.

  1. Gibran Rakabuming Raka

Gibran Rakabuming Raka biasa dipanggil Gibran, lahir di Solo, 1 Oktober 1987 adalah putra sulung dari Joko Widodo, Presiden ketujuh RI, menetap di Solo, dan di tahun 2002, melanjutkan sekolah di Orchid Park Secondary School, Singapura, kemudian di 2007, lulus dari Management Development Institue of Singapore (MDIS), dan di 2010 lulus dari University of Technology Insearach, Sydney, Australia. Ia menjabat sebagai Ketua Asosiaasi Persahaan Jasa Boga Indonesia, kota Solo. Sejak Desember 2010, membuka usaha katering bernama Chili Pari. Gibran menikahi mantan putri Solo, Selvi Ananda tanggal 11 Juni 2015.

Meskipun sekarang adalah putra seorang Presiden, tetapi gaya dan tampilan Gibran tetap bersahaja apa adanya, tanpa harus melakukan pencitraan dan tidak ada tanda2 sedikitpun bahwa Gibran telah memanfaatkan kedudukan sang ayah untuk kepentingan pribadinya. Gibran hanya merasakan satu yang berbeda ketika menjadi Putra Presiden, yakni follower Twitter dan Instagramnya nya yang bertambah secara menyolok.

Tommy dan Ibas mempunyai kesamaan yakni mereka adalah putra bungsu, sedangkan Gibran adalah putra sulung.

Selain itu Tommy dan Ibas tampaknya mempunyai ambisi untuk juga menjadi Presiden seperti ayah mereka, sedangkan Gibran tidak menunjukkan ketertarikan nya sama sekali. Tommy dan Ibas berharap seperti Megawati putra Presiden RI Pertama Soekarno yang berhasil menjadi Presiden Kelima RI.

Perbedaan menyolok diantara ketiganya adalah bahwa Tommy dan Ibas telah terbiasa memanfaatkan kedudukan sang Ayah untuk melakukan aktivitas bisnis dan politiknya, sedangkan Gibran melakukan aktivitasnya dengan mandiri dan independen. Tommy terbiasa dengan gaya hidup bak anak Raja, Ibas bak anak Presiden, sedangkan Gibran bak anak tukang mebel. Dari ketiga putra mahkota tersebut, dengan rekam jejak nya masing2 bisa secara gamblang menunjukkan watak dan kharakter ketiganya yang akan menjadi dasar yang kuat bagi mereka untuk menjemput masa depan nya.

Marilah kita lihat kedepan bagaimana sepak terjang ketiga Putra Mahkota RI itu dalam melakoni kehidupan pribadinya sebagai putera Presiden RI yang akan senantiasa akan disorot publik.

Sumber : kompasiana.com

Friday, July 15, 2016 - 11:00
Kategori Rubrik: