Ahok Merasa Diadu Domba dengan Risma

REDAKSIINDONESIA-Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Poernama mengaku bingung Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini sampai menggelar konferensi pers karena ucapannya terkait Surabaya dan Jakarta Selatan. Pria yang akrab disapa Ahok itu pun menjelaskan maksud ucapannya.

 

"Gue juga bingung, gara-gara lo, Bu Risma jadi baper (bawa perasaan), marah, gelar konferensi pers, seolah-olah aku diadu domba sama beliau," kata Basuki di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (12/8/2016).

Ahok mengatakan tak pernah membandingkan luas Surabaya dengan DKI Jakarta. Menurut dia, maksud membandingkan Surabaya dengan Jakarta Selatan karena sama-sama merupakan pemerintahan kota sehingga tidak pas jika pembangunan di Jakarta dibandingkan dengan Surabaya.

"Misalnya Adipura. Ada enggak bandingin Kota Surabaya sama Jakarta? Enggak," kata Basuki.

"Adipura itu bandinginnya apa? Surabaya dengan Jakarta Pusat atau Jakarta Selatan, wali kota sama gubernur juga beda. Jadi, itu yang saya maksud, Surabaya itu setaranya itu kayak Jakarta Selatan, kan sama-sama kota," kata Basuki.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini sebelumnya merasa tersinggung dengan pernyataan Basuki atau Ahok. 

Sebelumnya, Ahok menyebut Surabaya hanya sebesar Jakarta Selatan, tidak bisa dibandingkan dengan DKI yang memiliki lima kota dan satu kabupaten, khususnya soal pembangunan trotoar.

"Pak Ahok kalau bicara pakai data dong, luas Surabaya itu hampir separuhnya luas DKI, dan itu saya sendiri yang pimpin," kata Risma, Kamis (11/8/2016) malam.

Risma menjelaskan, luas Surabaya 374,8 kilometer persegi, sementara luas DKI 661,5 kilometer persegi. Uang Surabaya di APBD hanya Rp 7,9 triliun, sementara DKI Rp 64 triliun.

"Tetapi, kami bisa membangun trotoar, sekolah gratis, kesehatan gratis, bahkan memberi makan orang-orang jompo setiap harinya," ucap Risma.

 

(Sumber: Kompas)

Friday, August 12, 2016 - 22:00
Kategori Rubrik: