Adab Dalam Menyebarkan Islam

ilustrasi

Oleh : Foezi Citra Cuaca Elmart

"Mbak, mendengarkan musik itu haram. Dosa besar!"
.
Mungkin ia belum tahu, bahwa alim ulama berbeda pendapat tentang hal ini, namun tetap santun dlm menyampaikan, dan tak lantas menjadi Tuhan dengan menentukan dosa seseorang.
.
"Mbak, gak boleh menggambar makhluk hidup, buku @sakeenafamily masih ada matanya." kata seseorang lewat DM sambil mengirimkan video 'Azab bagi yg menggambar makhluk hidup dan menyebarkannya!'
.
Mungkin dia belum tahu, bahkan ulama yg mengharamkan menggambar sekalipun, membolehkannya untuk tujuan pendidikan dan pengajaran bagi anak-anak?
.
"Mbak, ini doanya harusnya amuut wa ahya, bukan ahyaa wa amuut, ini buku nggak sesuai syariat!"
.
Mungkin ia belum tahu, bagaimana makna huruf "wau" yang artinya DAN. Makna kata di depan dan di belakang tak mengubah esensi kalimat doa tersebut. Bagaimana perasaannya dianggap tidak mengikuti syariat? :')

Ayah&Bunda, sebelum mengenalkan esensi Islam itu seperti apa. Sepertinya ada PR yang cukup urgent untuk kita ajarkan pada anak-anak kita :
.
1. Tentang adab dlm menyampaikan suatu kebenaran, pendapat serta menasehati orang lain. SANTUN. Memegang sunnah bukan berarti mencederai saudara muslim kita lainnya, yang dianggap tidak sunnah.
.
2.Tentang fleksibilitas dalam memegang teguh agama. Membela agama Allah, hablumminallah tak lantas mengabaikan kewajiban kita untuk tetap berbuat baik pada sesama manusia, hablumminannas.
.
3. Tentang menyikapi perbedaan, khususnya hal khilafiyah sesama muslim. Tak perlu merasa yang paling sunnah, dan menganggap yang lain tidak mengikuti sunnah, hanya karena berbeda dalam ranah fiqih yang diambil.
.
'Berhijrah' tak boleh lantas membuat kita merasa jadi lebih baik dari orang lain. Ikhtiar kita mencari kebenaran, mendalami Islam as the way of life. Urusan siapa yang paling baik, shalih dan shalihah di mata-Nya, biarlah menjadi hak Allah Subhanahu Wa Ta'ala.
.
Ajarkan anak kita untuk menahan diri, dari respon yang tidak memberdayakan. Celetukan ataupun komentar yg boleh jadi malah menyakiti hati orang lain.
.
Sayang bgt kalau nanti anak kita pandai dlm pengetahuan, namun terhambat langkah dakwahnya hanya karena ketidakmampuan men-delivery-kan pesan dengan cara yang AHSAN.

Sumber : Status Facebook Foezi Citra Cuaca Elmart

Wednesday, August 14, 2019 - 12:15
Kategori Rubrik: