Ada Yang Tahu Prabowo Sholat Jum'at Dimana Hari Ini?

ilustrasi

Oleh : Jaka Al Puribayani

Sholat Jum'at bagi sebagian umat Islam adalah hal biasa dan bukan peristiwa penting. Ya umat Islam siapa saja, baik petani, nelayan, guru, dokter hingga kepala sekolah. Namun bagi Capres 02, Prabowo Subianto, ibadah sholat Jum'at adalah peristiwa sakral. Ya sebuah peristiwa yang tidak biasa berulang tiap hari Jum'at. Entah muslim model apa yang dilakukannya ini.

Terbukti minggu lalu ketika mau Sholat Jum'at di Masjid Kauman Semarang sampai dibuat pengumuman dan partai Gerindra Semarang meminta kadernya merapat kesana. Politisasi ibadah yang luar biasa. Bagi para pendukung 02, ini beban yang luar biasa beratnya. Apa pasal? dalam berbagai kegiatan politiknya kita jarang melihat Prabowo melakukan kegiatan ibadah.

Mengapa sholat capres jadi sorotan?

Ya karena di Pilpres 2014 awalnya ada tuduhan bahwa Jokowi keturunan PKI, komunis. Inilah yang menyebabkan banyak media, wartawan, jurnalis, citizen journalisme, kyai, ustadz yang berhubungan dengan Jokowi melakukan klarifikasi. Bahkan seorang peneliti dan penulis, Mukti Ali Qusyairi sampai membuat buku setebal 600 halaman berisi kesaksian atau perjalanan spiritualitas Joko Widodo sebelum jadi Walikota dari mulai belajar ngaji, pergi haji hingga kesaksian bagaimana dia mendorong lahirnya kebijakan Bank Waqaf Mikro. Buku itu berjudul "Ulama Bertutur Tentang Jokowi, Jalinan Keislaman, Keummatan dan Kebangsaan" diterbitkan oleh Republika

Sementara dari kubu Capres Prabowo, jangankan kesaksian, foto-foto sholat Prabowo saja yang muncul ya menjelang momentum Pilpres. Setelah itu lenyap tak berbekas. Tidak ditemukan dokumen turut menghadiri peringatan-peringatan hari besar Islam atau yang lain. Pun termasuk belum ada pesantren atau yayasan yatim piatu yang menyatakan rutin mendapat bantuan dari Prabowo.

Ketika ramai mempertanyakan sholat Jum'at Prabowo, para pembelanya berdalih ibadah bukan untuk ditunjukkan melainkan dijalani masing-masing. Anda percaya bahwa yang mengajari mengaji adalah Ustadz Sambo? Siapa Sambo? Dia mulai dikenal kapan? Bagaimana track record pendidikan agama yang telah ditempuhnya?

PKS, salah satu partai pendukung jika bermain isu agama semaunya sendiri. Menyatakan Sandiaga santri Post Islamisme lah, jangan bawa-bawa politik agama lah, atau mempersoalkan Jan Ethes (anak dibawah umur) untuk kampanye lah dan lain sebagainya. Tiga orang PKS yang getol menyerang Jokowi yakni Hidayat Nur Wahid, Fachri Hamzah maupun Mardhani Ali Sera. Mereka bertiga suka-suka berbuat atau menuduh berdasarkan opini yang lebih sering berisi ujaran kebencian bukan fokus pada program-program yang sudah dibangun.

Munculnya pertanyaan Prabowo sholat Jumat dimana dikarenakan sejak 2014 hingga saat ini karena permainan kelompok yang terus menerus mempertanyakan ke Islaman Joko Widodo.

Padahal media terus menerus menyajikan, menyorot bahkan meliput kegiatan tidak hanya kepresidenan tetapi juga aktivitas pribadi yang berkaitan dengan Islam. Bahkan tidak tanggung-tanggung, Jokowi menggandeng Rois Syuriah PBNU, KH Ma'ruf Amin untuk mendampingi sebagai Wakil Presiden.

Kembali ke soal Prabowo, jika demikian akankah kita lihat pada hari ini Prabowo sholat dimana? Penulis tidak yakin akan ada penjelasan atau postingan soal itu. Ditambah lagi beban paska debat putaran kedua Prabowo habis soal banyak hal. Para pendukungnya akan diam seribu bahasa, berdalih kesana kemari soal dimana sholat Jum'at Prabowo. Menurut tetangga rumah Prabowo yang beberapa kali terlibat atau diundang dirumahnya, ketika melewati jam sholat antar waktu tidak terlihat Prabowo meninggalkan acara untuk menjalankan ibadah.

Jadi biasa saja kalau tidak terlihat sholat

Friday, February 22, 2019 - 07:45
Kategori Rubrik: