7 Langkah Untuk Indonesia Damai

Ilustrasi

Oleh : Kang Arman

1. Bangun kepercayaan kepada pemerintah, dan berikan kesempatan mereka bekerja, siapa pun yang memimpin dari mana pun partainya. Awasi mereka agar tidak korupsi. Kritik mereka dengan sopan dan santun. Usahakan kritik melalui jalur ilmiah dan produktif.
.
2. Berdewasalah dalam dunia politik. Politik sebenarnya adalah akibat dari pergaulan manusia yang kompleks. Politik lahir dari kebutuhan manusia satu sama lain. 
Maka jika kita paham semua hal ini, maka kita bisa bersikap dewasa dalam berpolitik.
.
3. Pahamilah keanekaragaman madzhab dan pendapat dalam internal agama masing-masing. 
Lalu pahami bahwa setiap madzhab itu sebenarnya bersumber dari satu sumber yang sama yaitu kitab suci.
.

4. Bangun persaudaraan antar umat beragama atas nama kemanusiaan. Jika kita tidak bisa menerima keyakinan agama orang lain, maka setidaknya kita menerima mereka karena kita sama-sama manusia. Sama-sama menghirup udara yang sama di planet ini. Dan sama-sama meminum air yang sama dari bumi yang sama.
.
5. Hindari isu, hoax, desas-desus, dan fitnah. Yakinlah menyebarkan dan menerima berita bohong itu adalah salah, dalam Islam bahkan berdosa dan melanggar ajaran Al-Qur'an.
.
6. Waspadai kepentingan ekonomi yang orientasinya murni kepentingan uang. Biasanya "mereka" siap mendanai apa saja yang menguntungkan kepetingan ekonomi "mereka".
.
7. Berdoalah menurut keyakinan masing-masing kepada Tuhan, agar menjauhkan Indonesia dari kehancuran perang saudara.

Sumber : Status Facebook Al Pase

Wednesday, February 14, 2018 - 14:30
Kategori Rubrik: