7 Dasar Dukungan untuk HST

 

Oleh: Andrian Kaifan

HIgh Speed Train (HST) atau High Speed Rail (HSR) Jakarta - Bandung (Gedebage) sebagai infrastruktur angkutan umum massal masih jadi sasaran tembak haters utk membatalkannya dari berbagai aspek. Berbeda dengan mereka, saya justru teramat sangat mendukung implementasi HSR/HST ini, dan menjadi teramat sangat sedih jika tiba-tiba batal.
 
Dukungan saya didasarkan pada:
1) Prioritas ada pada kepentingan umum di atas kepentingan pribadi;
2) Angkutan umum Indonesia baru muncul tahun 70-an, sementara di Eropah, angkutan umum sudah ada sejak sebelum Revolusi Industri tahun 1780-an; 
3) Selama berpuluh-puluh tahun, angkutan umum cenderung jadi angkutan kelas 2 di Indonesia;
4) Angkutan umum tak pernah membaik dalam 30 tahun terakhir; 
5) Murah malah dijadikan motif menurunkan standar pelayanan;
6) Ke-murahan justru bakal mengorbankan aspek penting: keselamatan (safety), keandalan (reliability) dan kenyamanan (comfortability) 
7) Rendahnya komitmen pemerintah terdahulu: peraturan-pengaturan-kebijakan dan anggaran belanja yang BELUM PERNAH ADA INISIATIF MEMIHAK ATAU MENGUTAMAKAN ANGKUTAN UMUM.
 

HST atau HSR Jakarta - Bandung, berikut MRT dan LRT Jakarta, BRT Jakarta yang lebih dulu ada, dan Monorail Bandara Soekarno Hatta yang bakal groundbreaking dalam Pebruari 2016 ini, diikuti dengan LRT dan Tramway serta BRT berikut Rail Transit di provinsi-provinsi lainnya, membuktikan komitmen pemerintah kali ini untuk memihak ke kepentingan umum, ke infrastruktur umum terutama infrastruktur transportasi, yang masih blum jamak berani dipegang oleh presiden-presiden sebelumnya.

Walau sebagian rakyat yang individualistis masih terus menentangnya sampe detik ini. Kesemua varian MRT ini bakal menjadi fenomenal, menjadikan RI berada dalam negara-negara kuat infrastruktur transportasinya, punya kualitas udara kota yang lebih baik, terbebas dari stress khas 'traffic jam'-nya orang kota sehingga bakal tercipta kualitas kerja yang juga lebih baik, dan tentunya penghematan energi via okupansi besar moda MRT dalam sekali jalannya khas MRT.

Friday, January 29, 2016 - 23:45
Kategori Rubrik: