6 Bulan, Penduduk Miskin Indonesia Berkurang 1,19 juta Jiwa

Ilustrasi

Oleh : Riza Iqbal

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, penduduk miskin Indonesia sebesar 26,58 juta penduduk pada September 2017. Angka ini tercatat menurun 4,28 persen dibandingkan posisi Maret 2017 sebesar 27,77 juta jiwa, atau dengan kata lain, penduduk miskin Indonesia berkurang 1,19 juta dalam waktu enam bulan.

Berdasarkan persentase terhadap total penduduk, tingkat kemiskinan di Indonesia berada di angka 10,12 persen pada September 2017. Adapun, angka ini menurun dibandingkan enam bulan sebelumnya yakni 10,64 persen.

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan, tingkat kemiskinan ini sudah menurun signifikan dibanding enam tahun silam yakni 12,49 persen dari total penduduk. Bahkan menurutnya, laju penurunan kemiskinan ini merupakan yang paling baik dalam tujuh tahun terakhir.

Penurunan tingkat kemiskinan ini disebabkan oleh beberapa faktor. 

- Pertama, harga bahan pangan terpantau stabil sehingga menahan kenaikan garis kemiskinan.
- Faktor kedua ialah upah nominal buruh tani dan bangunan masing-masing meningkat 1,5 persen dan 0,78 persen sehingga mempengaruhi daya beli masyarakat golongan bawah.
- Terakhir adalah kebijakan pemerintah seperti beras untuk rakyat sejahtera (rastra) dan Program Keluarga Harapan (PKH) yang dianggap cukup signifikan dalam menurunkan tingkat kemiskinan. Apalagi, antara Mei hingga Agustus lalu, rastra telah disalurkan kepada 30 persen rumah tangga. PKH juga berkontribusi besar dalam menurunkan tingkat kemiskinan.

Dari seluruh provinsi, Papua menjadi provinsi dengan tingkat kemiskinan paling tinggi yakni 27,26 persen dan diikuti Papua Barat yakni 23,12 persen. Sementara, provinsi dengan tingkat kemiskinan terendah adalah DKI Jakarta yakni 3,78 persen. Dari 34 provinsi, 26 provinsi tertcatat mengalami penurunan tingkat kemiskinan.

Jadi, jika pemerintah ingin mengentaskan kemiskinan, maka harus dimulai dari wilayah paling timur terlebih dulu.

Pahamkan kenapa Presiden Jokowi gencar membangun wilayah timur Indonesia?

Sumber : Status Facebook Riza Iqbal

Wednesday, January 3, 2018 - 14:15
Kategori Rubrik: