5 Konglomerat Indonesia di 2015

REDAKSIINDONESIA - Harga komoditas yang jatuh berdampak besar bagi perekonomian negara yang terfokus pada ekspor, seperti Indonesia. Dampak harga komoditas yang anjlok dan berpengaruh pada pelambatan ekonomi nasional juga ternyata berdampak pada kekayaan para miliarder Indonesia.

Mengutip Forbes, orang-orang super kaya yang termasuk dalam daftar Indonesia's 50 Richest mengalami kemerosotan kekayaan sebesar 9 persen atau sekitar 9 miliar dollar AS (sekitar Rp 123,3 triliun dengan kurs Rp 13.700 per dollar AS). Tercatat hanya 10 orang dalam daftar Indonesia's 50 Richest yang mengalami peningkatan kekayaan.

Hal tersebut disebabkan pelemahan rupiah, menurunnya harga minyak, dan terus merosotnya harga minyak sawit dan batu bara.  Segala pelemahan ini ternyata memukul setidaknya 6 orang miliarder Indonesia.

Menurunnya indeks Jakarta Composite Stock Exchange sebesar 22 persen juga memukul orang-orang super kaya Indonesia. Mereka yang kekayaannya menurun, mengalami pemangkasan kekayaan rata-rata 370 juta dollar AS atau sekitar Rp 5 triliun. Keluarga Hartono masih menempati posisi teratas dalam daftar 50 orang terkaya Indonesia.

Berikut 5 orang terkaya di Indonesia tahun ini:

1. Keluarga Hartono

Keluarga ini menduduki peringkat teratas daftar orang-orang terkaya Indonesia tahun 2015 versi majalah Forbes dengan kekayaan mencapai 15,4 miliar dollar AS atau setara sekitar Rp 214,8 triliun.

Kekayaan ini diperoleh keluarga Hartono dari konglomerasi Grup Djarum yang bergerak di berbagai bidang, mulai dari rokok, perkebunan, e-commerce, hingga perbankan.

2. Susilo Wonowidjojo

Pemilik pabrik rokok Gudang Garam ini memiliki kekayaan mencapai 5,5 miliar dollar AS atau setara sekitar Rp 76,7 triliun.

3. Anthoni Salim

Anak almarhum Sudono Salim atau Liem Sioe Liong ini memiliki kekayaan mencapai 5,4 miliar dollar AS atau setara sekitar Rp 75,3 triliun. Ia adalah nakhoda Salim Group, yang membawahkan salah satunya raksasa industri mi instan, PT Indofood Sukses Makmur Tbk.

4. Eka Tjipta Widjaja

Pendiri Sinar Mas Group ini mempunyai kekayaan mencapai 5,3 miliar dollar AS atau setara sekitar Rp 73,9 triliun.

5. Chairul Tanjung

Pengusaha ini memiliki kekayaan mencapai 4,8 miliar dollar AS atau setara sekitar Rp 66,9 triliun. Pria yang pernah menempati jabatan Menteri Koordinator Perekonomian ini memiliki beragam usaha di bawah bendera Trans Corp, mulai dari media, ritel, perbankan, hingga hotel.
 

Sumber: bisniskeuangan.kompas.com

Wednesday, December 30, 2015 - 18:15
Kategori Rubrik: