4 WNI Sandera Abu Sayyaf Segera Pulang

REDAKSIINDONESIA-Empat WNI anak buah kapal Henry yang disandera kelompok bersenjata Abu Sayyaf berhasil dibebaskan. Saat ini mereka berada di tangan otoritas pemerintah Filipina dan siap diserahterimakan ke pemerintah Indonesia. 

Hal itu dikatakan Presiden Joko Widodo dalam keterangan pers di Istana Negara, Jakarta, Rabu (11/5/2016) pukul 16.30 WIB. Jokowi didampingi anak buahnya seperti Menlu Retno Marsudi dan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.

"Saat ini keempat sandera dedang berada di tangan otoritas Filipina dan akan segera diserahterimakan ke Indonesia," kata Jokowi. 

Presiden Jokowi mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Filipina yang telah dua kali membantu pembebasan WNI korban sandera kelompok Abu Sayyaf. Presiden juga bersyukur bahwa pertemuan trilateral yang diprakarsai pemerintah Indonesia di Yogya pada 5 Mei lalu membuahkan hasil. 

Pertemuan trilateral itu melibatkan pemerintah Indonesia, Malaysia dan Filipina yang masing-masing diwakili Menteri Luar Negeri dan panglima militer. 

"Dan saya bersyukur bahwa inisiatif Indonesia dalam menyelenggarakan pertemuan trilateral di Yogya 5 Mei lalu membuahkan hasil. Operasi ini (pembebasan) adalah salah satu hasil implementasi pertemuan itu," kata Presiden. Jumpa pers ini diakhiri tanpa tanya jawab dengan wartawan. 

 
(Sumber dan foto: Detik)
Wednesday, May 11, 2016 - 21:00
Kategori Rubrik: