4 Pondasi Akhlak Nahdliyin

Ilustrasi

RedaksiIndonesia-Ada empat nilai yang menjadi watak dan sikap Ahlussunnah Wal Jama’ah, yang menjadi panduan organisasi besar bernama NU

● TAWASUT

Artinya, sikap tengah dan adil dalam kehidupan. Oleh karena itu, Ahlussunnah Wal Jama;ah tidak menyukai kekerasan, permusuhan, dan senantiasa menegakkan keadilan. Prinsip at-tawasuth dalam ajaran ahlusunnah waljamaah diterapkan dalam segala bidang kehidupan yang meliputi: 
bidang akidah, bidang syari’ah, dan bidang tasawuf.

1.) Prinsip ASWAJA dalam akidah

Dalam bidang akidah ahlusunnah wal jamaah berpegang teguh pada nash sebagai pedoman utamanya dan menempatkan akal, ilmu dan filsafat serta logika sebagai sarana pembantu untuk memahami nash, juga bersikap wajar dalam menghadapi permasalahan, sehingga tidak terjerumus dalam sikap ekstrim dalam memutuskan segala masalah.

Secara garis besar ajaran ahlusunnah waljamaah dalam bidang akidah dirumuskan dalam rukun iman yang 6. Masih hafal kan RUKUN IMAN? :)

2. Prinsip ASWAJA dalam Bidang syari’ah

Syari’ah arti harfiahnya adalah jalan, sedang arti istilahnya adalah hukum agama. Jelasnya, hukum yang ditetapkan ALLAH SWT untuk hamba-Nya dengan perantaraan rasul-Nya. Dalam perkembangannya para ulama’ memakai kata syari’ah diidentikkan dengan ilmu fiqih. Kaum aswaja menetapkan hukum agama dengan jalan menggali dalil-dalil al-qur’an dan assunah (hadis). Usaha dengan sungguh-sungguh mencurahkan segala kemampuan , menggali dalil-dalil untuk menetapkan suatu hukum yang disebut ijtihad. Kadang-kadang penggalian dalil al-qur’an atau hadis itu ditempuh dengan jalan qiyas atau analogi.

3.) Prinsip ASWAJA Bidang tasawuf/AKHLAK

Kata akhlaq merupakan bentuk jama’ dari kata arab “khuluq” yang berarti tabiat, budi pekerti, watak, dan dalam pengertian umum sering diartikan sopan santun atau etika, moral atau kesusilaan. Akhlaq yag luhur akan menolak sikap-sikap at-thowur (teledor tanpa perhitungan) dan al-jubn (penakut), at-takabbur watadollu (terlalu tinggi menilai diri sendiri atau terlalu merendah), al-bukhl wal israf (bakhil dan boros).

Imam al-ghazali memberikan arti akhlaq sebagai berikut: ”akhlaq adalah ungkapan tentang sikap jiwa yang menimbulkan perbuatan dahulu”. Jadi akhlaq yang berupa tingkah laku seseorang tersebut bersumber dari sikap batin atau jiwanya,. Akhlaq memegang peranan penting dalam kehidupan manusia, yang dapat membedakan manusia dengan binatang. Sumber ajaran akhlaq menurut paham ahlusunnah waljamaah adalah akhlak Rasulullah

● TASAMUH

Artinya, bersikap toleran terhadap perbedaan pandangan , baik dalam masalah keagamaan, terutama hal-hal yang bersifat furu’ (perbedaan fiqih) maupun dalam masalah keduniaan dan kemasyarakatan .

**

● AMAR MA'RUF NAHI MUNKAR

Artinya, selalu memiliki kepekaan untuk mendorong perbuatan yang baik dan bermanfaat bagi kehidupan bersama, serta menolak dan mencegah semua hal yang dapat menjerumuskan dan merendahkan nilai-nilai kehidupan .

Dengan adanya empat nilai aswaja diharapkan kehidupan umat islam akan dapat terpelihara dengan baik dan terjalin secara harmonis, baik dalam lingkungan organisas , maupun dalam masyarakat.

Demikian pula perilaku warga NU akan senantiasa terbentuk atas dasar paham aswaja sebagai landasan untuk mencapai cita-cita dan tujuan , baik di bumi maupun di akhirat .

**

● TAWAZUN

Artinya, sikap seimbang dalam pengabdian, baik dalam pengabdian kepada Allah swt, pengabdian kepada sesama manusia maupun kepada lingkungannya. Demikian pula keseimbangan dalam kehidupan dunia maupun kehidupan akhirat.

Sumber : Status Facebook Damar Wicaksono (NUOnlie)

Wednesday, December 20, 2017 - 15:00
Kategori Rubrik: