by

2 Jenis Manusia yang Tidak Dapat Dipercaya

Agama berkaitan sangat erat dengan budi pekerti, ajaran-ajaran tentang kemanusiaan, tentang bagaimana seorang manusia memperlakukan sesamanya dengan benar, tentang perbuatan, bukan cuma tentang teori, bukan cuma bicara tentang Tuhan, surga atau neraka, yang mereka sendiri pun tidak pernah mengetahuinya dengan benar.

Karena melalui memuliakan sesama manusia saja, seorang manusia baru bisa berkata bahwa dirinya memuliakan Tuhan Sang Pencipta Agung. Kalau memuliakan sesama manusia saja tidak mampu dia lakukan, bagaimana mungkin dia menyombongkan diri telah memuliakan Tuhan dan berhak mengangkat dirinya sebagai panutan umat … ???

Seorang tokoh agama punya kewajiban menuntun umatnya dibidang kerohanian saja, sesuai bidang ilmu yang dikuasainya ; dan tidak berbicara diluar kontek-kontek keagamaan, seperti politik, saint, dan lainnya yang bukan menjadi tugasnya.

Demikian pula dengan para politikus, mereka tidak seharusnya mengkaitkan ilmu politik dengan ilmu agama. Politikus yang berbicara tentang agama menunjukkan bahwa mereka tidak menguasai ilmu politik dengan baik ; untuk menutupi kedangkalan ilmu politiknya, maka mereka mengkaitkannya dengan agama ( karena agama punya banyak pengikut yang lupa memakai logikanya dan tidak bisa diperdebatkan secara logika pula ), untuk tujuan membodohi rakyatnya.

Kalau seorang pemimpin umat agama cuma hafal kitab sucinya, tapi tidak pernah mengerti bagaimana cara penerapannya selama dia hidup didunia terhadap sesamanya ; cuma bisa menceritakan tentang Tuhan, surga dan neraka yang cuma tertulis didalam kitab sucinya, tapi dia sendiri belum pernah melihat dan mengenal Tuhan yang disembahnya itu, apa bedanya mereka dengan para pendongeng cerita anak-anak … ???

Begitu pula jika politikus tidak memiliki jiwa melayani rakyat, minim pengetahuan, nol ilmu politik, tapi memiliki harta tak terhingga dan kelicikan serta keserakahan yang tanpa batas, untuk menutupi keserakahan dan kebodohannya, tentu mereka akan berusaha berbicara tentang agama, agar tampak baik dimata rakyatnya. Lalu apa bedanya mereka dengan rentenir / lintah darat yang mematok bunga riba sangat tinggi … ???

Maka jangan kaget jika jaman sekarang banyak bermunculan politikus dan agamawan abal-abal yang hidup bergelimang harta disekitar kita … semua itu terjadi akibat kebodohan kita sendiri yang gampang sekali terkesima oleh penampilan para serigala berbulu domba itu .

Semakin bodoh rakyat sebuah negara ; semakin mulia pula kehidupan para politikus dan agamawan …

Sumber : Status Facebook Eddy Pranajaya

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed