by

10 Point Fenomena Hijrah di Kalangan Artis

4. Begitupula sebaliknya dg para pendosa. Apakah selamanya mrk akan melakukan perbuatan dosa terus? Boleh jadi ada momen dia bertobat dan Allah siapa tahu berkenan mengampuninya. Siapa kita mau menghakimi nasib mereka kelak di akherat?

5. Maka hijrah pun jangan dimaknai sebagai hasil akhir. Ketika Rasul berhijrah pun ternyata sekitar 10 tahun, beliau dan para sahabatnya menghadapi tantangan dan ujian yg luar biasa. Hijrah itu satu hal. Tapi istiqamah dalam berhijrah itu jg tdk mudah.

6. Tantangan mereka yg selama ini melakukan hijrah adalah melakukan lompatan dari titik ekstrem ke titik ekstrem berikutnya. Saya menyarankan utk pelan-pelan dan bertahap seraya menuntut ilmu. Islam itu sesuai dg fitrah kemanusiaan kita. Gak bisa serba instant.

7. Jangan sampai hijrah hanya jadi trend populer saja. Misalnya, para artis yg hijrah itu bagus, tapi jgn sampai itu hanya jadi “panggung” mereka berikutnya. Semula dari panggung sinetron dan musik, skr jadi panggung dakwah.

8. Makanya Rasul pun mengingatkan dalam hadits terkenal saat hijrah, yaitu setiap amal tergantung niatnya. Anda mau hijrah niatnya apa? Apa nyari panggung dakwah yg lg trend karena gak laku lagi di panggung yg lama? Sdh sampai mana kapasitas ilmu & pribadi sampai berani dakwah?

9. Luruskan niat saat mau hijrah. Teruslah belajar. Perbaiki diri kita. Ujungnya adalah akhlak yg mulia, bukan sekedar berubah tampilan, atau asyik pindah ke panggung dakwah yg ujungnya nyari duit juga. Saya tdk menuduh, hanya sekedar memberi ‘warning’

10. Kesimpulannya: hijrah sesuatu yg baik dan bagian dlm proses kita ber-Islam. Tapi harus dilakukan dg niat yg bersih, tahap demi tahap seraya menuntut ilmu biar tdk kagetan, serta tdk merasa lebih baik dr yg lain, dan ujungnya itu akhlak mulia, bukan sekedar berubah tampilan

Tabik,

Nadirsyah Hosen
Rais Syuriah PCI Nahdlatul Ulama
Australia – New Zealand

Sumber : facebook Nadirsyah Hosen

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed