Politik

Buwas Sasaran Tembak Jenderal Gatot?

 

Jadi siapa sebenarnya yang dituduh Jenderal Gatot?

Menyimak pernyataan jenis senjata yang katanya bisa menembak tank, Nampaknya dari pemberitaan yang ada , cuma Jenderal Budi Waseso, Kepala Badan Narkotika Nasional yang bilang demikian.

Seperti yang dikutip Kompas tanggal 1 Maret 2017, Jenderal Budi Waseso mengatakan personil BNN akan dilengkapi senjata khusus yang jenisnya berbeda dengan TNI dan Polri.

Membantah Opini Asma Nadia Tentang PKI di Harian Republika

Ilustrasi

Terhadap bagian yang 3/4, kita semua sepakat dengan kengerian mbak Asma: PKI (sebagai organisasi politik) adalah keji. Dan sepakat dengan pesannya: tidak boleh dibangkitkan lagi. Tapi masalahnya: dia sudah mati. Hanya (dan dalam 'hanya' ini ada hal yang sangat penting), didalam prosesnya, pembunuhnya "meminjam" proses mematikan organisasi ini untuk melakukan kekejian yang jauh lebih keji.

Penjelasan Menko Polhukam Tentang Isu Politik Terkini

Pertama, mengenai pemutaran kembali Film Penghianatan G.30 S /PKI, dan ajakan untuk nonton bareng bagi beberapa institusi merupakan hal yang tidak perlu diperdebatkan.

Peristiwa 30 September 1965 adalah peristiwa sejarah kelam bangsa Indonesia. Masih banyak peristiwa serupa yang dialami bangsa Indonesia seperti pemberontakan DI/TII,

5000 Pucuk Senjata Punya Siapa?

Ilustrasi

Jenderal Try Sutrisno berkata kepada saya: “Mengenai Mayor Prabowo, Anda tahu siapa dia, bukan? Batalyon yang dipimpinya merampas paling banyak senjata dari Perlawanan selama setahun ini; sekitar 100 pucuk senjata dan itu adalah pukulan berat bagi GPK, oleh karena itu, Batalyon 328 yang dipimpinnya, hanya akan keluar dari Timor Timur setelah menyelesaikan masa tugasnya.”

Anti Orba Bukan Otomatis Pro Komunis

Ilustrasi

Komunis sudah lama mati di negeri ini. Yang sekarang masih ada, mungkin hanya segelintir simpatisannya, yang masih terpesona dengan gagasan komunisme, tapi lupa baca fakta dunia bahwa komunisme itu gagal total. Kalau simpatisan Jon*u saja bejibun, tidak aneh kalau simpatisan komunisme pun masih ada. Tapi ide 15 juta, atau 60 juta, itu tentu fantasi yang luar biasa ngawurnya. Karena masyarakat kita sekarang sudah merasa tidak ada urusan dengan PKI, PKI adalah masa lalu kelam yang sudah dikubur.

Kisruh di Golkar

Belakangan, surat keputusan itu dituding bodong. Idrus Marham sendiri membantah sudah mengeluarkan surat itu. Tapi dia juga tidak melacak, minimal ingin tahulah siapa sih yang keluarkan surat keputusan yang dikatakan bodong itu ?

Seharusnya sebagai Sekjen, Idrus membentuk tim khusus untuk melacak masalah surat yang menimbulkan kegelisahan di internal Golkar.

Komunisme dan Partai Komunis di Timur Tengah

Komunisme masuk ke kawasan Timur Tengah beberapa saat setelah Revolusi Bolshevik tahun 1917 yang menandai tumbangnya Dinasti Tsar dan dimulainya babak baru rezim komunis di Soviet. Bukan hanya bangsa Arab saja yang memperkenalkan komunisme di Timur Tengah. Bangsa Yahudi, Armenia, Turki, Kurdi, Azeri, Yunani, dlsb juga turut mempromosikan komunisme di kawasan ini.

Melarang Organisasi Terlarang

Bedanya, pada jaman Orde Baru Indonesia sempat membuat film G-3-S/PKI, Saudi dan Mesir setahu saya tidak sempat membuat film propaganda pelarangan IM seperti kita. Mungkin karena Presiden Mesir saat ini, Jenderal Abdel Fatal el-sisi adalah bekas Panglima Militer, jadi dia tidak merasa penting jadi guru sejarah yang mewajibkan rakyatnya menggelar nonton bareng film tersebut. Wong, sudah jadi Presiden.

Bahaya Laten Suhartoisme

 

Dalam sebulan, mesti menyodorkan 4 naskah docudrama. Tiga biasanya saya pilih tema aman, satunya tema yang agak ‘lain’. Ketika saya bikin script ‘Malioboro Sebelah Bawah’, tentang anak-anak Girli (Pinggir Kali, anak jalanan yang mangkal di Malioboro dan Stasiun Tugu), naskah ditolak Deppen (Dpartemen Penerangan jaman Harmoko), dengan 11 Catatan. Diantaranya; Cerita tak boleh memunculkan kekumuhan, dan tak boleh memunculkan adegan kerusuhan sosial. Bagaimana kisah para gelandangan tanpa kekumuhan?

Pages