Politik

SBY Perintahkan Kader Demokrat Tak Ikuti Kegiatan Inkonstitusional

Perintah meninggalkan tugas di BPN itu terkait situasi politik yang arahnya membahayakan politik dan keamanan negara. Ketua Dewan Kehormatan PD Amir Syamsudin membenarkan vailiditas surat tersebut. "Betul," kata Amir saat dimintai konfirmasi oleh Tirto.

PSI Akui Tak Bisa Berbuat Banyak

ilustrasi

Tahun 2024 mungkin saya nggak akan nyaleg lagi, tapi saya 100% siap bantu PSI. Dulupun waktu diajak bergabung di PSI dengan menjadi caleg saya udah sampaikan, bahwa tanpa nyaleg saya pasti bantu PSI. Dan sekarang setelah mengenal mereka, saya akan support mereka lebih dari kemarin.
Jaga2 kantor DPP buat nerimain tamu yang mau kasih dukunganpun oke. Harus ada pembagian tugas supaya perjuangan berhasil dan itu nggak selalu dengan harus nyaleg.

Saya Pikir 17 April Selesai, Ternyata

ilustrasi

Seandainya kita semua menahan diri, percaya pada KPU tanpa meruntuhkan kesahihan metodologi ilmiah, kita bisa menyongsong bulan suci Ramadan dengan tenang. Sebulan kemudian, kita lakukan halalbihalal nasional. Pak Jokowi dan Prabowo cipika-cipiki, para pendukungnya salam-salaman. Saya berharap momen itu betul-betul akan terjadi. Drama kemarin sekadar ekspresi defensif yang wajar dari sebuah kondisi kejiwaan orang yang berjuang untuk mulai berdamai menerima kenyataan.

Jokowi Menang Telak

ilustrasi

Hal yang paling spektakuler adalah kehebatan Jokowi membangun desa. Ratusan ribu kilometer jalan di desa-desa dibangun. Listrik di pelosok-pelosok negeri yang lama gelap dinyalakan. Penyamaan harga BBM di Papua dan di Jawa terealisasi. Kartu Indonesia pintar berhasil mengangkat martabat rakyat kecil. Ini semua memberi kesan luar biasa kehebatan Jokowi.

Saat Ahok - Djarot Kalah Quick Count 2017

ilustrasi

Pendukung Ahok melakukan hal yg jauh lebih elegant. Kirim ribuan karangan bunga sbg dukungan moral dan ucapan terima kasih. Mereka mndukung kemana langkah Ahok berpijak termasuk saat divonis hukuman 2 tahun penjara. Para pendukung dan relawannya tetap setia memberinya dukungan moral.
Tidak ada klaim apapun.

Inilah cara elegant dan demokratis dari seorang politikus sejati.

Unofficial Count Atau Quick Count

ilustrasi

Di sisi lain, istilah 'Quick Count' tidak dapat memberikan makna dengan nuansa penghormatan dan keadilan (sebagaimana 'Unofficial Count' di atas), oleh sebab kata 'Quick' padanya menonjolkan sisi kelebihan atau kecanggihan metodologis, yang seolah melampaui Official (atau metodologi penghitungan resmi oleh KPU).

Tasbih Politik

ilustrasi

Bagi yang kalah, tasbih itu akan sangat penting gunanya, untuk membantu mengendalikan emosi, marah. Dzikir yang dilantunkan juga bisa membantu segera menemui realitas yang ada, bahwa kekalahan di pemilu itu adalah bagian dari kehendak-Nya yang harus diterima dengan legowo. Tasbih itu alat bantu, supaya keluhan, sambatan, tambatan itu hanyalah kepada Sang Maha Pencipta, apalagi sebagai pemimpin, bukan ke media sosial, media, atau masyarakat yang berpotensi semakin memecah belah bangsa.

Sandiaga Tak Setuju Klaim Kemenangan Prabowo

Sandi bagaimanapun adalah sosok terdidik yang masih lumayan terjaga rasionalitasnya. Dia mengatakan, lebih baik mengorbankan nyawa untuk mempertahankan  harga dirinya daripada melakukan klaim kemenangan padahal jelas-jelas mereka kalah. 

Ungkapan Sandi membuat Prabowo marah besar. Tabiatnya yang temperamental keluar. Informan di lokasi yag enggan disebut namanya mengatakan dia lagi-lagi mengulangi kebiasaannya menggebrak meja.  Emosi seperti ini memang sering ditunjukkan. 

Pages