Humaniora

Buku, Era Digital, Social Media dan Virus Dusta

 

Di satu sisi, era digital membuat informasi tidak mungkin lagi ditutup-tutupi, dikendalikan atau disensor oleh rezim. Hanya rezim yang benar-benar totaliter dan tertutup macam Korea Utara saja yang mungkin masih bisa mengendalikan informasi. Akan tetapi, secara umum, kita bisa mengatakan bahwa sudah mustahil lagi sekarang penguasa mengendalikan informasi.

Menelisik Konsistensi Nyinyirnya Jonru

Ilustrasi

1. Jonru bukan orang gratisan dalam aktivitasnya di facebook yang banyak mendiskreditkan pihak tertentu secara konsisten sekaligus konsisten juga menghindari mengkritik rival politik dari pihak2 yang didiskreditkan jonru. Misalnya Jonru konsisten menjelek2kan Jokowi, Jonru pun otomatis konsisten menghindari menjelek2kan Prabowo. Demikian juga jika Jonru mendiskreditkan Ahok, sulit diharap Jonru akan mendiskreditkan Anies atau Agus, Yusril, Haji Lulung, atau tokoh2 politik rival Ahok lainnya.

Kapok

Ilustrasi

Kapok menjadi orang awam menuntut sampeyan untuk menambah ikhtiar demi memahami keadaan. Memihak atau memusuhi secara buta pemain tertentu, bereaksi serta-merta berdasarkan emosi atau logika pendek terhadap suatu peristiwa atau pernyataan tertentu, menelan begitu saja apa yang didengung-dengungkan orang, semua itu adalah kesialan orang awam.

Komunikasi

Ilustrasi

Bentuk pertama adalah bungkus luar. Bungkus luar ini jangan terlalu jelas, kasih sikit sikit lah aroma multi tafsir. Jadi waktu diserang orang, mudah mengelaknya: ah kamu, baca dong dari awal, khan jelas itu konteksnya jaman Belanda. Belanda gak pernah terlihat di pelosok, cuma di Jakarta aja yang jelas kelihatan penjajahan oleh Belanda. (Lalu semua mendapati pernyataan ini membingungkan.

Pages