Humaniora

Idul Fitri : Kasih Sayang Semesta

Ilustrasi

Sebelum memasuki Idul Fitri, kita telah menunaikan puasa dan zakat fitrah. Puasa dan zakat tentu saja bukan sekadar fenomena ritual belaka, tetapi juga merupakan ibadah dalam arti yang luas. Di sini, puasa dan zakat mengandung pesan sosial yang kental. Dengan puasa dan zakat, setiap individu mencoba berempati kepada individu-individu lainnya yang lemah, miskin, dan sengsara. Puasa dan zakat mengukuhkan solidaritas kita bagi sesama manusia yang tidak berdaya dan tertindas.

Perjumpaan dengan Ahok

Ilustrasi
Sudah pukul 14.30 dan kami belum juga dipersilakan masuk, oh bahkan rombongan yang datang lebih dulu belum dipanggil. Tak berapa lama kemudian, masuklah penyanyi Ello dan salah satu member Slank, Ridho. Mereka langsung masuk ke ruangan tempat kami akan bertemu tahanan yang dijenguk nantinya. Pukul 14.40, rombongan yang sudah di dalam selama 20 menit keluar. Ternyata isinya personil Slank, kurang Abdee saja, Bunda Ivet pun datang. Slank memang dikenal sebagai salah satu pendukung tahanan ini.

Shodaqoh Jariyah dan Dosa Jariyah

Ilustrasi

Menarik buatku karena aku baru pertama mendengarnya, dan setelah aku renungi mungkin ada benarnya. Betapa mudahnya saat ini melakukan perbuatan-perbuatan yang dikategorikan penceramah sebagai dosa jariyah itu. Hanya dengan dua kali sentuhan jari, yaitu klik forward dan klik kirim seorang pengguna media sosial dapat berinvestasi membangun kebencian terhadap orang atau kelompok tertentu, membangun permusuhan bahkan memulai peperangan.

Gus Mus, Gocekan Messi dan Politik Para Kiai

Selain kelereng, ia juga suka main sepak bola. Idolanya ketika kecil adalah Andi Ramang, penyerang PSM Makassar yang legendaris. Gus Mus mengaku jago bermain, baik itu di atas rumput, pasir, bahkan di jalanan. Saking hobi, ia kerap bermain bola sampai hari gelap sehingga dicari-cari oleh orangtuanya. "Pokoknya, kalau Cholil bisa bola, saya juga harus bisa bola he-he," ujarnya.

Memahami Keputusan Pilot yang Batalkan Pendaratan di Bandara Soetta

Koreografi yang terganggu

Proses takeoff dan landing di suatu bandara itu ibaratnya sebuah koreografi. Pesawat sudah ditata berurutan sedemikian rupa saat memasuki ruang udara dekat dengan landasan. Ada jarak separasi antar pesawat yang diatur oleh ATC.

Pages