Humaniora

Surat Terbuka untuk Mendikbud

Saya sedih banget dengan nasib anak-anak di perbatasan. Bagaimana tidak miris jika jalannya membelah hutan yang masih tanah liat, tidak ada listrik, sinyal telepon, dan jembatan satu-satunya yang nyaris putus.

O iya, ada satu lagi kondisi yang bikin menarik nafas makin dalam, yakni anak-anak mesti jalan kaki selama 3 jam ke sekolah. Naik turun naik perahu dan dilanjutkan jalan kaki tanpa sepatu.

Aa Gym, Ahok dan Fir'aun (2)

Siapapun nama fir'aun yang berkuasa di zaman Musa, yang jelas narasi tentang Musa versus Fir'aun ini ada pada era Kerajaan Baru. Perlu diketahui, sejarah Mesir Kuno dibagi menjadi sejumlah periode atau era yang cukup pelik mengkategorikannya. Sebelum era fir'aun atau zaman dinasti awal (sektar 3,000 SM), peradaban Mesir sudah cukup berkembang, dan termasuk salah satu peradaban tertua di dunia.

Mau Jadi Cicak Apa Burung Pipit?

Untung saya sadar bahwa saya tidak punya sorban dan saya juga sama sekali tidak paham soal ‘hek menghek’. Lha wong kalau memori HP saya penuh saja saya sudah kelabakan apalagi kok soal hacking antar negara macam begini. Mana pahamlah awak ini…! Tapi hati saya menenangkan, “Yang penting ghirrah untuk berjihadnya, Bung! Niat saja sudah dapat pahala. Apalagi kalau ikut menyebarluaskan ajakan jihad fisabilillah ini. Ingat! Ini masalah hidup dan matinya umat Islam dan siapa yang tidak tergerak hatinya insya Allah hidupnya seperti cecak dalam kisah Nabi Ibrahim.

Kali Ini Tentang Bu Veronica Ahok

Saya melihat dengan mata kepala sendiri dari senyumnya yg orang bilang cocok untuk seorang Ibu Gubernur, sampai marah-marahnya Ibu Ahok ini. Saya mengalami sendiri bagaimana beliau memimpin, berpikir untuk kebaikan masyarakat kota Jakarta. Pemikirannya sangat detail karena beliau ingin semua dana yang dikeluarkan tidak luput sedikitpun untuk memberi kebaikan bagi warga.

Ulama Itu Apa Sih?

Kelak, pemerintah Turki Usmani-lah yang melakukan "redefinisi" kata ulama menjadi "ahli agama Islam". Turki Usmani pulalah yang melakukan "sistematisasi" gelar ulama sekaligus "merestrukturisasi" dan mengangkat peran ulama sebagai "Shaikh al-Islam" yang sangat bergengsi karena sebagai "penasehat" sultan.

Terima Kasih, Agus Harimurti

Kegagalan dan kesuksesan terletak pada sikap hidup, empati terhadap sesama, cara berpikir, dan bijaksana dalam memutuskan serta dapat memahami masalah dilihat dari bermacam macam sudut pandang,..

Kata kata kegagalan dan kesuksesan hanya racun yang akan membunuh daya juang kita,..camkan Mas Agus daya juang kita dibunuhnya,..

Pages