Gaya Hidup

Soal Rizieq, Ini Bukan Soal Teknis Hukum Tapi Soal Mau Apa Gak?

Ilustrasi

Kalau GNPF menuding ada kriminalisasi rasanya wajar. Emang kesan yang ditangkap publik begitu. Mau gimana?

Jadi kita gak perlu memendam kekecewaan dengan berkata bahwa ini murni koridor hukum. Kalau murni koridor hukum, buat apa polisi kemarin mengeluarkan statemen meyakinkan kita bahwa kasus ini valid. Buktinya jelas. Lho, sekarang tetiba berbalik arah.

Salah Kaprah Soal Hijrah

Ilustrasi

Tobat, insaf, atau hijrah adalah itikad yang baik, tetapi cara bertobat, berinsaf atau berhijrah tidak harus selalu ekstrim sebagaimana realitas hijrah yang belakangan mengemuka. Cara berhijrah seperti demikian tidak ada rujukannya dengan apa yang telah mentradisi di kalangan Muslim kultural Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah. Maka di sini saya ingin menegaskan bahwa, berhijrahlah dengan sabar dan tekun.

Tukang Becak Bersandal Jepit

Ilustrasi

Di era pemerintahan Presiden Jokowi terlihat dengan jelas bahwa Bapak Jokowi tidak memandang suatu penampilan rakyatnya, yang diinginkan oleh beliau adalah ingin dekat, bertatap muka dan ingin merakyat.

Inilah yang membuktikan bahwa Presiden Jokowi itu adalah milik rakyat dan memang beliau adalah Presiden Rakyat.

Kaum Khawarij Setiap Jaman

Ilustrasi

Akhirnya terpaksa dimandikan dan dishalati di rumah Utsman sendiri. Hingga 3 hari jenazah Utsman belum dimakamkan. Untuk mengindari terlalu lama menunggu, maka Ali bin Abu Thalib meminta untuk dibuatkan makam di pemakaman baqi’ di luar masjid Nabawi. Namun juga ditolak. Akhirnya, jenazah sayyidina Utsman dimakamkan di komplek pemakaman Yahudi.

Tak Sembarang Kirim Broadcast Ucapan Selamat Hari Raya

Ilustrasi

"Mas Joko maaf sepanjang tahun saya menjelekan sampean", misalnya. Permohonan maaf itu harus تعيين, jelas sfesifik. Kecuali jika sekedar basa-basi untuk orang yang dihormati atau menjaga silaturahmi. Untuk tujuan terakhir ini setidaknya sebut nama.

"Pak Prabowo selamat hari raya minal aidin walfaizin, selamat atas pencapresan yang ke 4 kalinya", misalnya.

Jangan Melihat Isu Global Dari Lobang Sedotan

Ilustrasi

Pertanyaannya, kenapa konflik di Arab bisa "terpelihara" hingga puluhan tahun dan sedemikian lamanya? Karena para perancangnya mampu membungkusnya dengan Agama sehingga lahirlah Radikalisme Agama. Yang Yahudi, beranggapan bahwa Jerussalem adalah Tanah yang dijanjikan Tuhan, sementara yang Islam memahami secara tekstual dan menelan mentah bahwa diluar agama mereka adalah "musuh" Allah.

Gus Yahya Memaknai Rahmah dengan Ramah

Ilustrasi

Terong Santri

Gus Yahya sudah sangat dikenal. Kesantriannya tidak diragukan. Keilmuannya juga sangat luar biasa karena pernah merasakan kuliah di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Soal birokrasi jelas sudah fasih karena sudah keluar masuk istana jaman Gus Dur. Dan kini diamanahi oleh Jokowi sebagai Wantimpres.

Makin Hari Masalah Jakarta Bertambah

Ilustrasi

Coba bayangkan narasi2 ini.
Setelah sekian bulan diprotes kepolisian, warga masyarakat dan Ombudsman, akhirnya akan dibuat juga realisasi ide yang sudah muncul sejak zaman gubernur Jokowi itu.

Well.. 
Jika gubernurnya masih Ahok, rasanya 400an PKL ilegal itu sebagian (yg warga Jakarta) pasti akan disebar masuk ke pasar2 milik PD Pasar Djaya. Sebagian lagi? Ya dipulangkan

Pages