Ekonomi

Uang dan Emas

ilustrasi

Uang kertas yang beredar sama sekali tidak ada kaitannya lagi dengan emas dan perak. Tapi semua orang mengakuinya sebagai alat tukar. Posisinya benar-benar menggantikan emas dan perak secara 100 persen.

Menarik untuk ditelaah bahwa Allah SWT mewajibkan zakat hanya sebatas emas perak saja. Dan para ulama sepakat bahwa fulus tidak terkena kewajiban zakat.

Hotel BUMN dan Rasa Keadilan yang Terusik

Bukan hanya Pertamina sebetulnya, ada juga Pabrik Gula Rajawali, dengan komplek perumahan karyawannya juga.
Di tahun 80an saya masih merasakan pemandangan pedati-pedati yang ditarik oleh kerbau membawa tebu lewat di depan rumah setiap hari dan meninggalkan kotoran sepanjang jalan (bagjan ini cukup menyebalkan juga, hakok rakjel cuma ditinggali kotorannya).

Erick Memangkas Paham Konsumerisme, Hedonisme dan Feodalisme di Garuda

Kini isu menyentuh ke soal gaya hidup, kenikmatan hidup serta gaya kepemimpinan feodalisme Dirut yg demikian berkuasa, bikin upacara bak presiden, belum lagi bredarnya isu-isu IG yg ditulis oleh akun digeeembok tentang pramugari yg dimanfaatkan direksi serta berita prostitusi, miris membacanya 

BUMN, How Are You?

ilustrasi

Biasanya berbulan-bulan atau malah dalam beberapa kasus bisa jadi beberapa tahun kemudian baru bisa dibayar (ini biasanya bila tagihan final setelah BAST proyek). Itupun Supplier sudah seperti pengemis. Kalau mengemis sudah tak bisa lagi, kita harus berani melakukan somasi. Somasi ini nggak gampang, butuh keberanian dan perhitungan hukum yang matang. Salah langkah bisa di somasi balik oleh Tim Legal mereka yang kuat.

Riba dan Bagi Hasil

ilustrasi

Atau jangan-jangan bank syariah cuma nebak-nebak saja alias cuma nembak doang. Sebenarnya sama sekali belum tahu berapakah keuntungan para pengusaha. Dan pastinya belum tahu berapa dapat share dari keuntungan para pengusaha.

Tapi dari pada repot-repot, lalu bank syariahnya ngarang dan main tembak saja, pokoknya kita yang nabung di bank itu langsung diberi : bagi hasilnya.

Hubungan China dan AS

AS hanya sekedar menggertak agar China tunduk dengan AS dalam perudingan dagang. Kalaulah tujuan AS menekan China seperti menjatuhkan Irak dengan minta dukungan dari parlemen, maka itu hanya onani politik. Mengapa? Irak bukan China. Dari segi militer dan kekuatan Ekonomi, China lawan seimbang AS. Mungkin kalau AS menyerang China langsung seperti yang dilakukan ke Irak, dipastikan AS kalah. China sangat siap perang panjang. Itu sudah dipersiapkan sejak 10 tahun lalu. Misal, stok minyak China jauh lebih banyak dari AS.

Erik Tohir

ilustrasi

Kedepan jika saya berpergian menggunakan pesawat tidak akan memakai jasa Garuda lagi. Karena service nya jauh menurun dibandingkan maskapai lain.

Pantesan maskapai Garuda tidak berkembang dan tiket nya mahal sekali. Ternyata ada maling di dalam perusahaan sebesar Garuda.

Pages