Ekonomi

Esemka Yuuuk...

 

Selama ini, industri otomotif di Indonesia dikuasai oleh ATPM asal Jepang, Korea, Amerika dan Eropa. Apapun teknologi yg dilakukan, ATPM lah yg punya nama. Selain keuntungan penjualan, yg dinikmati perusahaan induknya. Padahal bila diurai per komponen, banyak komponen/spare part buatan perusahaan lokal dengan mutu yg memenuhi standar dunia dan menjadi vendor serta pemasok komponen utk perusahaan2 ATPM itu.

Benarkah Kepemilikan HP dikenakan Pajak?

Ilustrasi

Memang ada beberapa beberapa peraturan pajak yang tidak memberi kepastian hukum. Salah satu contoh ya bagian harta di SPT Tahunan. Harta memang tak dipajaki tetapi kalau tak dimasukkan ke SPT, artinya SPT jadi tidak benar. Dan SPT tidak benar bukanlah persoalan sepele. Ia punya konsekuensi hukum, dari denda kenaikan hingga pidana (UU KUP).

Jawaban Menkeu SMI untuk Keluhan Tere Liye tentang Pajak

 

Oleh karena itu, saya terhenyak ketika membaca berita bahwa seorang Tere Liye akan berhenti menerbitkan buku karena masalah perpajakan. Tere Liye menyatakan frustrasinya menghadapi "kebijakan perpajakan" dan "perlakukan aparat atau kantor pajak" terhadap kewajiban membayar pajak penghasilannya sebagai penulis. Hal ini menyangkut perlakukan perpajakan atas royalti yang diterima dari buku-buku yang ditulis Tere Liye.

Bantahan atas Tulisan Edy Mulyadi tentang Utang dan Kekayaan Negara di Kompasiana

Ilustrasi

Jadi berapa nilai aset negara keseluruhan? Sdr Edy perlu melihat total aset dalam Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) 2016. Dalam LKPP tersebut - aset atau "harta" negara -meminjam istilah Sdr Edy-- adalah sebesar Rp5.456,88 triliun

Para Penikmat Kemilau Papua

 
 
Pada KK II, luas konsesi pertambangan bertambah menjadi 2,6 juta hektare, meliputi seluruh gunung hingga turun ke Lembah Mimika dan sampai ke pantai Laut Arafuru. Wilayah tersebut merupakan wilayah hunian suku Kamoro yang membentang dari pegunungan Weland di sebelah barat, termasuk pegunungan Membramo sampai ke pegunungan Bintang di sebelah timur yang berbatasan dengan Papua New Guinea. 

Cara Kelola APBN, Jokowi itu Pak Dulah dan SBY itu pak Somad

Ilustrasi

Selisih surplus antara penerimaan dan pengeluaran adalah Rp. 200.000. Nah Rp. 200.000 ini disebut dengan ruang fiskal bagi keluaga Pak Dulah. Ini bebas dia gunakan. Tapi Pak Dulah tidak gunakan uang ini untuk konsumsi makan di mall atau piknik. Tapi ditabung untuk biaya investasi anak sekolah dan sebagian di gunakan meningkatkan modal bagi usaha rumahannya agar semakin besar peluang menghasilkan penerimaan. Juga biaya pendidikan Pak Dulah untuk kuliah lagi.

Pages