Ekonomi

Restart Ekonomi

ilustrasi

Belum selesai dengan Restart Nilai Uang, tiba-tiba saja Gubernur DKI Anies Baswedan mengumumkan akan memberlakukan ulang PSBB total di Ibukota Jakarta. Kebijakan ini banyak disesalkan oleh para pengamat ekonomi. Bahkan dikatakan ada sekitar Rp.300 Trilliun nilai investasi yang cabut dari Pasar Modal di Indonesia. Tapi tahukah kita, bahwa di sisi lain selama ini kita telah "dijajah" oleh investor asing dalam kepemilikan emiten Pasar Modal kita?

Tumbangnya Sang Raksasa

ilustrasi

Memang ada UU ITE, namun mengingat begitu masiv-nya konten di media sosial, tentu tidak semua bisa terkover. Ibarat menangkap sekawanan ikan pakai kail, dapatnya ikannya hanya satu dua.

Beberapa Stasiun TV akhirnya ada yang kompromi, mereka 'bermain' juga di media sosial. Padahal media sosial itu tanpa modal, sifatnya gratisan 100%.

Fenomena Warung Lamongan

ilustrasi

Sampai sekarang, kasta kuliner Nusantara masih didominasi oleh etnis Minang via Masakan Padang, Jawa dengan keragaman olahan sayurannya, dan Madura dengan olahan dagingnya. Beberapa etnis lain memang tidak mengembangkan dan menjajakan olahan makanannya karena budaya, cara mengolah makanan dan cara memakannya yang berbeda. Korrie Layun Rampan, sastrawan sekaligus budayawan Dayak, menengarai hal ini.

Resesi Ekonomi di Depan Mata?

ilustrasi

Jawabannya, iyaa betul.. Presiden Jokowi sudah berpikir dan bekerja keras sejak Maret 2020, saat kasus Covid-19 pertama kali ditemukan. Hingga hari ini pun, beliau berjibaku mengomandoi seluruh perangkat nya, untuk menyembuhkan warga yg tertular, dan mengurangi potensi penularan makin meluas.

Beri Angin Segar Kemudahan Investasi, Ekonom Desak Sahkan RUU Cipta Kerja

RUU Cipta Kerja diproyeksikan memberikan angin segar kemudahan untuk berinvestasi sehingga Indonesia bisa berlomba-lomba dengan negara lain yang juga giat mengincar pertumbuhan ekonimi di tengah pandemi.

“Mengingat kini negara lain tengah berlomba mengeruk investasi setelah diterpa pandemi,” kata Samsul.

Pages