Artikel Pilihan

Lelaki Berkuasa itu Membungkuk

Ilustrasi

Gemuruh doa-doa terbaik dari pelosok negeri mengalirinya, menepis doa iseng tanpa makna.

Gemuruh doa-doa terindah dari pelosok negeri menyiraminya, menepiskan doa iseng tanpa arti.

Lelaki berkuasa itu memberi hormat, ia memberi contoh bagaimana menjalani hidup apa adanya - sebab kekuasaan sebesar apapun hanyalah titipan.

Menggetarkan...

God bless you mr. President..

Patung Berhala dalam Diri Kita

Berhala adalah sesembahan selain Tuhan. Setiap orang punya sesembahan sendiri-sendiri. Dalam batin manusia ada “patung-patung berhala” yang punya kehendak untuk dituruti: kesombongan, keserakahan, hasrat berkuasa, dan semacamnya. Berhala dalam batin itu tampak dalam bentuk material dalam keseharian manusia: uang, barang mewah, kursi kekuasaan, sikap gila hormat dan seterusnya. Kadang kala, Tuhan, atau ayat-ayat-Nya, diperalat untuk memuaskan kehendak berhala itu.

Renungan Sesudah Tragedi Bekasi

Kedua, problem utama kita saat ini adalah perasaan diri atau golongan kita paling suci, paling benar. Ditambah lagi menganggap yang lain kotor, kafir. Kita gagap, bahkan gagal melihat kekotoran diri ini. Dalam sebuah hadis disabdakan: “Salah seorang dari kalian dapat melihat kotoran kecil di mata saudaranya tetapi dia lupa akan kayu besar yang ada di matanya.” (HR. Bukhari). Firman-Nya menegaskan: “Janganlah kamu mengatakan dirimu suci. Dialah yang paling mengetahui tentang orang yang bertakwa.” (QS.

Pages